Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Gilimanuk (09/03). Ekosistem mangrove di Taman Nasional Bali Barat (TNBB) memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Banyak peneliti dan wisatawan yang kagum dengan hamparan mangrove yang ada. Kelulushidupan (survivorship) mangrove di TNBB cukup baik dan memiliki perkembangan yang alami. Ragam spesies yang ada juga menjadi poin penting yang dimiliki ekosistem mangrove di wilayah ini. 

Jumat lalu (09/03), Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) yang diwakili oleh Dr. Frida Sidik, Dr. Denny Wijaya Kusuma, dan Todhi Pristianto melakukan kunjungan langsung ke beberapa site hutan mangrove di TNBB. Dr. Christophe Proisy juga turut serta dalam kunjungan tersebut guna menjalin koordinasi riset lebih lanjut mengenai aplikasi remote sensing untuk monitoring mangrove di wilayah TNBB. 

Pemantauan mangrove menggunakan citra satelit mampu menginterpretasikan perkembangan mangrove dari tahun ke tahun, sehingga informasi perubahan kondisinya dapat diketahui. “Kunjungan kali ini merupakan langkah awal untuk kegiatan riset yang lebih mendalam. Bahasan utamanya jalin koordinasi tahap awal dan penawaran ide penelitian bersama, kebetulan Dr. Proisy juga tertarik dengan mangrove di TNBB ini”, tukas Dr. Frida selaku peneliti BROL yang concern terhadap mangrove. 

Pada kesempatan tersebut, tim BROL didampingi penyuluh TNBB menelusuri hutan mangrove di wilayah Karang Sewu, Sumberejo, dan Teluk Terima. Masing-masing wilayah tersebut memiliki ragam mangrove dan karakteristik lingkungan yang berbeda. Kedepannya, BROL dan TNBB akan berkoordinasi kembali untuk menyusun rencana kerjasama dalam upaya pengelolaan ekosistem mangrove di TNBB dengan aplikasi remote sensing

 

 

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM