Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Bengkulu (03/03). Kondisi iklim yang tak menentu menyebabkan degradasi pada kondisi terumbu karang yang ada. Konservasi terumbu karang menjadi salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Bioreeftek, metode rehabilitasi dan konservasi terumbu karang yang tidak destruktif dan terbuat dari bahan alami yang mudah diperoleh, hadir sebagai alternatif solusi yang dapat dikembangkan untuk konservasi terumbu karang yang lebih baik. 

Dr. E. E. Ampou, pencetus Bioreeftek, juga salah satu peneliti di Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) diundang ke Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (UNIB) pada tanggal 03 dan 04 Maret 2018 silam. Beliau diundang dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kelompok Aktifitas Mahasiswa Pecinta Alam (Kampala) ke-35 Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (UNIB) untuk memberikan kuliah umum terkait terumbu buatan Bioreeftek sekaligus penenggelaman Bioreeftek di Pulau Tikus, Bengkulu. Sebelum memberikan kuliah umum bertajuk "Rehabilitasi Terumbu Karang dengan Bioreeftek", beliau mengikuti upacara pembukaan terlebih dahulu yang turut dihadiri oleh para petinggi UNIB. 

Pada kesempatan yang sama, Ir. Dede Hartono, M.T., selaku Ketua Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian UNIB menyatakan dukungannya terkait dengan Memorandum of Understanding (MoU) untuk diimplementasikan dalam bentuk penelitian dan publikasi bersama pemantauan pertumbuhan Bioreeftek di Pulau Tikus. Diharapkan nantinya dengan kegiatan ini para pemangku kepentingan di Bengkulu dapat mendukung secara penuh kegiatan konservasi di Pulau Tikus dan Provinsi Bengkulu umumnya. Dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) tingkat provinsi menyatakan siap selalu mendukung jika ada kegiatan seperti ini. Acara diakhiri dengan deploy Bioreeftek sejumlah 21 unit & monitoring Bioreeftek yang telah di deploy tahun 2014 silam.

Agenda Kegiatan

No events found

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM