Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Pada tanggal 12 Desember 2017, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Tahun Anggaran 2017. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai BROL ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan capaian setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh BROL pada Tahun Anggaran 2017. Setiap penanggung jawab kegiatan memaparkan perkembangan dan capaian kegiatan untuk diberikan evaluasi oleh Kepala Balai Riset dan Observasi Laut , Dr. I Nyoman Radiarta, selaku evaluator dalam acara tersebut.

 

Acara yang bertempat di Aula Gedung Utama BROL ini dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Kepala BROL. Acara dilanjutkan dengan paparan kegiatan penelitian BROL dengan hasil yang ditampilkan mengenai scientific justification keberadaan Ikan Lemuru yang ‘menghilang’ di perairan Selat Bali dan juga perubahan lingkungan yang terjadi di wilayah pesisir. Evaluator mendorong para peneliti BROL untuk menghasilkan scientific brief paper dan publikasi untuk masyarakat luas.

Agenda berikutnya merupakan paparan kegiatan Laboratorium Riset Kelautan BROL, yang merupakan bentuk layanan publik baik internal maupun eksternal BROL. Paparan ini mencakup Laboratorium Kualitas Perairan, Laboratorium Penginderaan Jauh Kelautan, Laboratorium Observasi Laut dan Laboratorium Alam. Evaluasi kegiatan ini lebih ditonjolkan dalam penetapan nama laboratorium, peningkatan kualitas pelayanan dan penetapan produk untuk dijadikan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di tahun 2018. Pada tanggal 18 Desember 2017, BROL akan meresmikan Gedung Pusat  Layanan sebagai bentuk peningkatan layanan public dalam satu pintu.

Kegiatan ini juga mengagendakan pemaparan tentang Pusat Unggulan IPTEK (PUI) BROL yang mengangkat fokus Sistem Prediksi Kelautan. Setelah melalui beberapa tahapan seleksi menjadi PUI, hingga pada tanggal 13 - 14 Desember 2017, BROL diundang untuk hadir dan berpartisipasi dalam Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2017 di Gedung BPPT, Jakarta. Tidak hanya paparan Pusat Unggulan IPTEK, terdapat juga paparan terkait keberlanjutan project INDESO dengan bahasan sarana prasarana yang dimiliki serta kegunaan data dari project tersebut.

Agenda terakhir merupakan paparan kegiatan manajerial meliputi paparan Tata Operasional, Tata Usaha, dan Pelayanan Teknis yang dipaparkan oleh masing-masing Kepala Seksi ataupun Pelaksana Tugas (PLT). Kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan menjadi bentuk pengendalian pelaksanaan kegiatan baik penelitian dan manajerial, sehingga dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan kegiatan di tahun berikutnya.

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM