Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Pada tanggal 21 - 24 November 2017, seluruh personel LKP, Manager Administrasi LRK  dan Wakil Manager Puncak LRK melakukan studi banding ke beberapa instansi laboratorium pengujian di Denpasar dan Surabaya. Kegiatan studi banding ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas dan inovasi layanan pengujian pada LKP. Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media penyebaran informasi layanan pengujian LKP kepada pengguna dan menjalin jejaring kerja sama antar laboratorium pengujian di Indonesia.

Beberapa inovasi yang dapat diaplikasikan di LKP sebagai berikut:

1. Bidang Teknis Laboratorium:

        a. Ada distributor bahan dan tempat kalibrasi yang telah terakreditasi KAN, yang terletak di Denpasar yaitu PT. Nirmala Karya, Jl. Gatsu IV no.19, Denpasar. Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.;

        b. Perlunya dipasang alat pembersih udara seperti ozone maker untuk menjaga udara di laboratorium tetap sehat dan aman bagi personilnya;

        c. Melakukan kalibrasi terhadap lemari pendingin untuk sampel dan bahan kimia, dan dapat menggunakan termometer kaca untuk mengukur suhu lemari pendingin tersebut;

        d. Sebaiknya menguji air dari IPAL min. 3 bulan sekali, untuk mengetahui kinerja dari IPAL tersebut;

        e. Proses pelapisan Cu pada logam Cd sebaiknya dilakukan di nampan agar proses pelapisan berlangsung sempurna, dan sebaiknya pada efisiensi kolom Cd-Cu sampel nitrit juga ditambahkan

           larutan NH4-EDTA dan dialirkan pada kolom Cd-Cu agar perlakuannya sama dengan sampel nitrat;

        f. Mengerjakan presisi dan akurasi setiap menganalisis sampel meskipun setiap batch sampel jumlahnya kurang dari 10 sampel;

        g. Menentukan penanggung jawab untuk setiap peralatan laboratorium;

        h. Terdapat keterangan di setiap ruangan, dan SOP ditempel dengan jelas di setiap ruangan pengujian;

         i. BARISTAND mempunyai 6 orang analis;

         j. DLH Prov Jatim mempunyai 17 analis;

        k. Analis dibagi tugas sesuai kompetensinya untuk menganalisis 2-4 parameter tertentu.

2. Bidang Administrasi :

        a. Adanya layanan mengisi formulir penerimaan contoh secara online, yaitu PPK (Permohonan Pemeriksaan Karantina Ikan) di BKIPM;

        b. Menyediakan fasilitas komputer bagi customer yang ingin mengisi data PPK di kantor BKIPM secara langsung;

        c. Adanya sistem informasi laboratorium (SILABKARIN) di BKIPM;

        d. Mempermudah penyampaian Laporan Hasil Pengujian (LHP) dengan membuat grup whatsapp bagi customer pengguna jasa laboratorium BKIPM;

        e. Lab BARISTAND terintegrasi dengan Sistem Informasi Laboratorium (SIL) ;

        f. Info disampaikan melalui sms terkait waktu penyelesaian dan pengambilan LHU di BARISTAND;

        g. Lab BARISTAND menetapkan harga normal untuk biaya analisis bagi customer internal (peneliti BARISTAND) dengan dana penelitian dari DIPA. Apabila peneliti BARISTAND melakukan analisis

           mandiri maka Lab BARISTAND tidak dapat mengeluarkan LHP;

        h. Lab ITS menetapkan harga untuk mahasiswa sebesar ½ dari harga untuk umum bagi mahasiswa ITS, ditambahkan 50rb per alat bagi mahasiswa non ITS;

         i. Pembayaran langsung transfer menggunakan CMS, mengurangi resiko pegawai membawa uang cash berlebihan untuk disetorkan ke Bank (PNBP);

        j. Sistem pembayaran dilakukan di awal pada saat customer menyerahkan sampel uji (Lab BARISTAND), kecuali customer rutin bisa melakukan pembayaran pada saat pengambilan hasil uji (Lab 

           DLH Prov Jatim);

        k. Adanya fasilitas cetak nomor antrian;

        l. Mengijinkan untuk pemberian uang lembur bagi analis yang melakukan analisis sampel dari customer (apabila analis bersedia), karena dilakukan di luar jam kantor (sabtu/minggu) untuk

           mempercepat laporan hasil (urgent).

3. Bidang Pelayanan:

        a. Lobi pelayanan satu pintu, meliputi kegiatan penerimaan sampel uji, pengambilan hasil uji, dan loket pembayaran ;

        b. Perlu dibuat video layanan lab;

        c. SOP pelayanan perlu ditampilkan dengan jelas.

 

Agenda Kegiatan

No events found

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM