Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Training GIS

Salah satu peneliti BPOL, Amandangi Wahyuning Hastuti, beberapa waktu yang lalu (18 -22 Januari 2016) mengikuti Training Course: Marine GIS for Operational Oceanography di Hyderabad, India.  Kegiatan ini terselenggara melalui financial support dari Government of Flanders (Kingdom of Belgium) dan Indian National Centre for Ocean Information Services (INCOIS).

 

Peserta training terdiri dari beberapa negara antara lain Indonesia, India, Iran, Kenya, Maladewa, Afrika Selatan, Sri Lanka dan Tanzania. Selain peneliti BPOL, peserta dari Indonesia berasal dari BMKG. Pelatihan diisi oleh 5 pengajar dari INCOIS (R.S. Mahendra; Prakash Mohanty; Kiran Kumar N.; Jyothi Nayak; dan Sai P. Saibharadwaj) dan 3 pengajar tamu (K. Rao – National Remote Sensing Agency; P.S. Roy – NASI Senior Scientist Platinum Jubilee Fellow Center for Earth & Space Sciences University of Hyderabad; dan A.K. Singh – Indian Institute of Surveying & Mapping).

Training ini diselenggarakan oleh Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO - IODE. Tujuan diselenggarakan training ini adalah - memperkenalkan aplikasi GIS untuk aplikasi kelautan, - Pemanfaatan data spasial open source - memberikan panduan pada aplikasi GIS yang berkaitan dengan laut dan pantai.

Peserta training diajarkan bagaimana mengunduh data set, mengolah data set dan memvisualisasikannya sesuai dengan kebutuhan. Dalam sesi hands-on practice, peserta diajarkan pengeolahan data untuk menghasilkan Potential Fishing Zone (PFZ) Maps; Mangrove Mapping and Monitoring; Shoreline Mapping; Elevation Contours and Slope Maps; dan Generation on Coral Reef Map.

Penggunaan teknik penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG) dengan bantuan data satelit memberikan hasil yang lebih baik dalam memahami perubahan yang terjadi di daerah pesisir. Hal inilah yang menjadikan pentingnya teknik penginderaan jauh dan SIG dalam membantu pengelolaan daerah pesisir dan penentuan daerah rawan bencana.

Agenda Kegiatan

No events found

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM