Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Seminar SPICE

Pada tanggal 19 – 21 Januari 2016, 2 peneliti BPOL, Frida Sidik, Ph.D. dan Novia Arinda Pradisty menghadiri acara seminar yang bertajuk “International Conference on Science for The Protection of Indonesia Coastal Marine Ecosystem 2016 (SPICE Final Conference 2016)”. Kegiatan seminar diawali dengan Gala Dinner pada tanggal 19 Januari 2016 di Sanur Paradise Plaza Hotel bersama para ilmuwan dan pakar dalam bidang kelautan, baik dari Indonesia maupun Jerman, yang terlibat dalam proyek kerjasama bilateral dalam bidang kelautan dalam kerangka project SPICE (Science for the Protection of Indonesian Coastal Marine Ecosystems).

Acara yang dibuka oleh Direktur DAAD Jakarta, Dr. Irene Jansen, dihadiri oleh lebih dari 80 tamu undangan. Hadir diantaranya perwakilan dari Kedutaan Besar Jerman, Kementerian Pendidikan dan Riset Jerman (BMBF), Uni Bremen, Uni Hamburg, Uni Kiel, Uni Rostock, ZMT Bremen. Sedangkan dari Indonesia diantaranya IPB, ITB, Kementrian Kelautan dan Perikanan, LIPI, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Riau, Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Udayana.

SPICE Final Conference 2016 berlangsung pada tanggal 20 – 21 Januari 2016  di Gedung Agro komplek Lt. 4 Universitas Udayana, Denpasar, Bali, yang diikuti oleh para  peneliti yang tergabung dalam project SPICE dan tamu undangan yang berasal dari sekitar Bali. Acara ini merupakan konferensi terakhir dari kegiatan kerjasama antara Indonesia – Jerman yang menampilkan hasil yang telah dicapai selama pelaksanaan kegiatan penelitian kolaborasi SPICE I – III di Indonesia. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Prof. Wayan Arthana (Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana), Ms. Andrea Heyn (BMBF Germany), Prof. Ainun Na’im (Sekretariat Jenderal Kemenristek Dikti) dan Prof. Indroyono Soesilo yang merupakan  founding father dan inisiator dari kegiatan kerjasama SPICE.  

Setelah acara sambutan, kegiatan konferensi dilanjutkan dengan Plenary Session 1 dan 2, yang masing-masing bertopik Carbon Sequestration dan Governance of Coastal and Marine Ecosystems. Selanjutnya, dilaksanakan Parallel Session yang dilakukan dalam tiga ruangan berbeda. Beberpa topik yang dibahas pada sesi ini adalah Marine Geology dan Biochemistry, Renewable Energy, Understanding Ecological and Socio-economic Dynamics of Mangrove Ecosystems Underpressure, Pollution, Aquaculture, Stakeholder Consultation dan Coral Reef-Based Ecosystem. Kedua sesi ini terdiri dari presentasi hasil penelitian dari project SPICE dan diskusi bersama peserta acara. Presentasi pada Plenary Session pada umumnya membahas tentang dinamika ekosistem di beberapa wilayah pesisir di Indonesia dengan pendekatan pemodelan dan analisis laboratorium dan analisis sosial-ekonomi serta juga menampilkan perubahan yang teramati di wilayah tersebut akibat perubahan iklim.  

Selain itu, salah satu sesi paralel yang menarik adalah Marine Geology dan Biochemistry, dimana beberapa pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti SPICE tersebut dapat diadopsi oleh penelitian BPOL selanjutnya serta sesi Stakeholder Consultation yang membahas langkah diseminasi hasil penelitian project SPICE untuk mendukung kegiatan pihak-pihak terkait, seperti Instansi Pemerintah, masyarakat lokal dan  LSM.

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Dec
16

16.12.2019 - 31.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Dec
18

18.12.2019 - 24.01.2020

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR