Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

WORKSHOP INDESO User Applications

Negara Kepulauan Indonesia merupakan salah satu sumber terbesar dari keanekaragaman hayati laut. Setiap tahun keanekaragaman hayati laut kita memberikan kontribusi beberapa milyar dollar terhadap pendapatan penagkapan ikan, budidaya perikanan dan industry pariwisata. Lima puluh juta penduduk Indonesia hidup dari hasil perikanan tangkap dan budidaya. Sumber Daya Laut Indonesia tersebut tidak luput dari ancaman penagkapan ikan illegal yang merugikan pemerintah dan nelayan kita, juga pemanasan global, pencemaran dan perusakan pesisir.

Untuk menanggulangi resiko-resiko tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2014 mempersiapkan dan melaksanakan Proyek Infrastructure Development Of Space Oceanography- INDESO, sebagai pusat prakiraan dan pengelolaan sumber daya laut yang dapat memberikan prediksi perubahan- perubahan pada sumber daya perikanan dan ekosistem pesisir di Indonesia. Komponen utama dari proyek INDESO meliputi: (1) Ocean Numerical Model, (2) Central Information System, (3) Stasiun Bumi Penerima Data Satelit Radar di Perancak. Dari tiga komponen tersebut lahirlah tujuh aplikasi handal yang meliputi: (1) Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal (Illegal Fishing), (2) Pemantauan Tumpahan Minyak, (3) Pengelolaan Sumber Daya Perikanan, (4) Pengelolaan Kawasan Pesisir terintegrasi dan pemantauan hutan bakau, (5) Pemetaan Kawasan Budidaya Udang, (6) Pengembangan Budidaya Rumput Laut, (7) memantau dan Melindungi Kawasan Terumbu Karang. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 3-5 oktober 2017 di Denpasar Bali. Tujuan secara umum dari workshop ini yaitu memberikan informasi kepada pengguna dan pengambil keputusan mengenai produk aplikasi yang telah dihasilkan melalui proyek INDESO, sehingga pemanfaatannya diharapkan akan lebih baik dan berguna. Tujuan secara spesifik dari kegiatan workshop ini yaitu: (1) Memberikan wawasan yang lengkpa mengenai 7 aplikasi INDESO yang telah dihasilkan, (2) Mendiskusikan setiap aplikasi INDESO secara detail sesuai dengan keperluan pengguna, (3) Melakukan pertukaran informasi sesame pengguna. Workshop INDESO user applications ini dihadiri oleh instansi pemerintah (KKP, KEMENRISTEKDIKTI, KEMENKOMAR, KLHK, BMKG, TNBB, PU, BBappenas, KEMENKEU, BAKAMLA, LAPAN, Universitas ( CRESOS, UNUD dan UNWAR),Pemerintah Daerah, World Bank, ATLI, dan LSM (WWF, CI Indonesia dan CTC), serta pemerintah Perancis (AFD dan CLS). Total peserta mencapai 125 orang. Workshop INDESO user applications dilaksankan atas kerjasama antara KKP dan CLS Perancis dengan mengusung tema "Toward Interdisciplinary Stakeholder's Network For Better Marine Sesources Management".

Hari pertama dipaparkan 3 topik terkait dengan IUU Fishing, yaitu Radar Data and VMS-AIS Correlation (Romy Ardianto-BROL), Utilization of Radar Data for Maritime Surveillance (Dendy Mahabror-Pusriskel) dan Fishing Effort Estimation (Aris Budiarto-DJPT). Sesi diskusi yang dimoderatori lansung oleh Kepala BROL mendapat respon positif oleh para peserta, sehingga acara yang seharusnya sudah berakhir pada pukul 17.00 WITA harus diundur sampai dengan pukul 18.30 WITA.

Pada hari kedua, sesi pertama, topik yang dibahas adalah Integrated Coastal Zone Management,  yaitu tentang Coral Reef Monitoring Habitat Mapping, Change Detection (E. Elvan Ampou-BROL), Seaweed Mapping and Utilization ( Nur Azmi Ratna_Pusriskel), Shrimp pond Monitoring (Niken Gusmawati-Pusriskel), Mangrove Change Detection (Rinny Rahmania-Pusriskel) dan INDESO Application for Mangrove Conservation and Restoration (Frida Sidik-BROL)

Saat ini , acara masih berlangsung, dan akan dilanjutkan dengan 2 topik lainnya yang terkait dengan Fish Stock dan oil Spill. Sesi training dilakukan pada tanggal 4 pada oktober 2017 terkait dengan SEAPODYM, IUU Fishing and Oil Spill dan ICZM: Coral Reef, Mangrove and Shrimp Product.

 

 

Ringkasan Persentasi Workshop Hari Pertama,03 Oktober 2017 : [ Download ppt 1 ] [ Download ppt 2][ Download ppt 3 ][ Download ppt 4 ]

Ringkasan Persentasi Workshop Hari Kedua,04 Oktober 2017 :

Ringkasan Persentasi Workshop Hari Ketiga,05 Oktober 2017 :

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM