Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Kepala BROL sebagai Keynote Speaker pada Seminal Nasional Kelautan XII Universitas Hang Tuah, Surabaya

Seminar Nasional Kelautan XII Universitas Hang Tuah Surabaya telah dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2017. Kepala BROL mendapat tugas untuk mewakili Kepala BRSDM KP sebagai Keynote Speaker dengan membawakan tema tentang: " Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Lautan berbasis Satelit Penginderaan Jauh". Paparan yang disampaikan tersebut mengulas tentang pemanfaatan data satelit untuk pemanataun kapal ikan dan tumpahan minyak, potensi daerah penangkapan ikan, kajian stok ikan, ekosisten pesisir meliptui terumbu karang, mangrove dan kawasan estuarine. Pada seminar ini terdapat 2 orang Keynote Speaker (Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala BRSDM KP) dan 2 orang pembicara utama (Bupati Banyuwangi, Drs. Abdullah Azwar Annas, M.Si., dan Kepala LPPM UHT, Ibu Dr. Ir. Ninis Trisyani, M.P.).

Seminar diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terbagi dalam empat aspek yaitu (1) Aspek Sosial, Ekonomi dan Budaya, Hukum dan Kelembagaan, meliputi kajian: Kebijakan Kelautan dan Perikanan; Sosial Ekonomi Masyarakat Maritim; Manajemen Kepelabuhan; SDM dan Perilaku Masyarakat; Hukum Laut dan Hukum Maritim; Manajemen Lingkungan Laut; (2) Aspek Teknologi Kelautan dan Perikanan, meliputi kajian: Budidaya Perairan; Bioteknologi Kelautan (perikanan, farmasi/kesehatan); Pengolahan Hasil Perikanan; Penangkapan, Eksplorasi Sumberdaya Kelautan; Industri Perkapalan; Teknik Kelautan (Elektro, Permesinan Kapal, Sistem Informasi, Bangunan Lepas Pantai) serta Oseanografi; (3) Aspek Logistics, meliputi kajian: Multimodal dan Transportasi; dan (4) Aspek Kesehatan, meliputi kajian: Kesehatan penyelaman; Kesehatan lingkungan Masyarakat Pesisir; Psikologi pekerja di laut; Kesehatan lingkungan kapal. Seluruh materi yang dipaparkan pada seminar ini akan dipublikasi dalam bentuk prosiding.

Diskusi informal juga telah dilakukan dengan Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Universitas Hang Tuah (UHT) terkait kemungkinan adanya kerjasama antara UHT dengan BROL dalam bidang oseanografi. Sebelumnya UHT telah memiliki paying kerjasama dengan KKP.

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM