Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

BROL Hadiri Workshop dan Tindak Lanjut Kerjasama Cabinet Office Jepang, NEC dan Chiba Universitas

Dalam rangka meningkatkan posisi kelautan dan perikanan Indonesia dan kerjasama dengan luar negeri, pada tanggal 27-30 Juni 2017 telah dilakukan kunjungan ke Tokyo, Jepang oleh Kepala Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Dr. I Nyoman Radiarta, M.Sc dan Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi, Dr. Aryo Hanggono. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan ini meliputi: 

1. Melakukan pertemuan dengan Cabinet Office Jepang, Tokyo Universitas, Yamaguchi Universitas dan JICA yang bertempat di kantor Cabinet Office Tokyo. Pada pertemuan ini dilakukan pembahasan tentang tindak lanjut kerjasama yang telah ditandatangani (Letter of Intent), meliputi rencana pertemuan tanggal 6-7 Juli 2017 di Jakarta mengenai kerjasama satellite fisheries oceanography, serta rencana pelaksanaan workshop pada bulan Agustus 2017.

2. Menghadiri workshop on Marine Observation and Research  Towards Evidence Based Sustainable Ocean Governance. Dalam acara ini beberapa narasumber memaparkan makalah terkait dengan marine observation. Sesi dalam acara ini dibagi menjadi: 

a. Combination of Marine Scientific Research and Evidenced Based Policy Making in Ocean Policy, 

b. Sustainable Management of Biological Resources, dan

c. Marine Environment Conservation and Enhancement of Resilience. Workshop diakhiri dengan acara diskusi dan pemaparan dari masing-masing perwakilan Negara tentang kondisi dan implementasi kedepan bagi Negara peserta workshop dari makalah yang dipaparkan selama workshop. Peserta dari Indonesia  memaparkan tentang arti penting dari fisheries oceanography untuk mendukung ketersediaan pangan, kedaulatan dan pengelolaan sumberdaya kelautan secara berkelanjutan. Selain itu dilakukan juga kunjungan ke beberapa instansi di Jepang meliputi: Japan National Research Institute of Fisheries Science and National, Research Institute of Fisheries Science, FRA, di Yokohama dan Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology di Yokosuka. 

3. Melakukan pertemuan dengan Chiba Universitas dan NEC membahas kerjasama tentang pemanfaatan satelit microwave untuk pendugaan fishing ground dengan platform pendanaan SATREPS.

Agenda Kegiatan

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM