Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

World Ocean Day 2017, KKP Kampanyekan Lindungi Laut dari Plastik

Kamis, 8 Juni 2017 dengan mengusung tema “ Helathy Oceans, Healthy Planet” tepat hari ini kita peringati sebagai hari laut sedunia. Dalam rangka memperingati hari laut sedunia, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) turut aktif mengkampanyekan “Lindungi Laut dari Plastik”. Kegiatan kampanye ini merupakan aksi lokal, namun diharapkan akan membawa pesan masyarakat yang lebih luas di lingkup nasional, karena dilaksanakan serempak di 38 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BRSDM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua tepat pada tanggal 8 Juni 2017 pukul 16.00 waktu setempat.

Rangkaian kegiatan World Ocean Day 2017 di BROL meliputi pembersihan sampah di kawasan hutan mangrove, pengangkatan mangrove bin, dan buka puasa bersama. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai BROL, perwakilan SMU di Kabupaten Jembrana, dan pemerhati lingkungan Ijo Gading. Total peserta yang terlibat aktif sekitar 100 orang. Dan dari kegiatan ini dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar sampah yang terkumpul sebagian berasal dari sampah kiriman yang didominasi oleh bekas bungkusan makanan dan minuman.

“Pesan lindungi laut dari plastik ini sesuai dengan fokus World Oceans Day 2017, yakni bagaimana mendorong kepedulian masyarakat untuk lebih aktif menjaga laut dari limbah plastik”.

Beberapa rujukan tentang potensi cemaran dari plastik tersebut diantaranya dirilis World Economic Forum (WEF) 2016 di Davos, Swiss, yang menyatakan bahwa populasi sampah di lautan akan jauh melebihi populasi ikan pada tahun 2050. Laporan Mac Arthur Foundation - The New Plastic Economy menyatakan pada 2016 ada 150 juta ton sampah di laut, dengan perkiraan delapan juta ton sampah mencapai laut setiap tahunnya.

Plastik yang dibuang di lautan dapat berakhir sebagai racun di dalam tubuh manusia. Sampah plastik di lautan, terutama yang bersuhu hangat seperti di perairan Indonesia akan mudah melepaskan kandungan kimia beracun. Kimia beracun ini akan diserap atau dimakan oleh biota laut, termasuk ikan dan rumput laut yang menjadi bagian dari rantai makanan manusia sehingga pada akhirnya bahan kimia pada sampah plastik akan meracuni manusia.

Ayo jaga kesehatan laut kita demi planet yang sehat.

Selamat Hari Laut Sedunia

Agenda Kegiatan

No events found

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM