Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Rapat Koordinasi Pengembangan Pulau LUSI, Sidoarjo

Pada tanggal 19 Mei 2017, salah satu peneliti di Balai Riset dan Observasi Laut, Nuryani Widagti, menghadiri undangan Rapat Pengembangan Pulau Lusi Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL, KKP). Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pembangunan 3, Kantor Bappeda Kabupaten Sidoarjo ini dalam rangka koordinasi rencana pengembangan ekowisata dan eduwisata di Pulau Lusi. Pulau Lusi atau oleh masyarakat sekitar disebut Pulau Sarinah ini terletak di Muara Kali Porong, Desa Kedung Pandan, Kecamatan Jabon dan merupakan pulau man-made yang berasal dari sedimentasi Lumpur Lapindo yang dialirkan ke Kali Porong. Pulau ini pada awalnya berada dibawah kelola Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dan sekarang diserahkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sebagian besar area pulau seluas ± 93 ha ini telah ditumbuhi mangrove dan sedang dalam rencana dikembangkan menjadi Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove (PRPM) di Kabupaten Sidoarjo. Pengembangan PRPM merupakan salah satu program yang didanai dan dilaksanakan oleh Ditjen PRL dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kapasitas, dan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan restorasi dan pengelolaan berkelanjutan.

Selain itu juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, serta sebagai pusat laboratorium alam dan ekowisata. Pembangunan PRPM ini dilakukan di 9 (sembilan) kabupaten, yaitu Bekasi, Indramayu, Pangandaran, Pasuruan, Sinjai, Balikpapan, termasuk Sidoarjo. Di lokasi yang dikembangkan menjadi PRPM ini dibangun infrastruktur sebagai fasilitas untuk mendukung kegiatan ekowisata dan eduwisata. 

Ditjen PRL telah membuat master plan rencana pengembangan Pulau Lusi menjadi PRPM dan melalui pertemuan ini master plan tersebut disampaikan kepada instansi yang diundang agar mendapatkan masukan. Rapat yang dibuka dan dipimpin langsung oleh Direktur Jasa Lingkungan, Dr. M. Abduh Nurhidayat, M. Si ini dihadiri oleh undangan baik dari instansi lingkup KKP (Ditjen PRL, Itjen, BROL, dan UPT BPSPL Denpasar), Pemda Kabupaten Sidoarjo dan Provinsi Jawa Timur (Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Bappeda Kabupaten Sidoarjo, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo, Dinas Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Sidoarjo), asosiasi pengusaha wisata (GAHAWISRI), dan juga akademisi (Poltek Perikanan Sidoarjo). Pada kesempatan tersebut BROL memberikan masukan terkait dengan konten informasi untuk pembelajaran kepada masyarakat mengenai perubahan kondisi ekosistem dan lingkungan di Pulau LUSI dan sekitarnya berdasarkan hasil kajian BPOL tahun 2010 hingga 2012. Sebagai lesson learned, BROL juga menyarankan agar di area PRPM tersebut ditampilan pula informasi sejarah pembangunan Pulau Lusi atau Pulau Sarina, dari mulai isu pembuangan lumpur, pembangunan spoilbank, hingga usulan ekowisata untuk Pulau Lusi atau Pulau Sarinah tersebut.

Agenda Kegiatan

No events found

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM