Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Kantong plastik, botol minuman dan kotak kemasan telah mewarnai wajah hutan mangrove di sekitar Taman Nasional Bali Barat, terutama di Pulau Menjangan. Dari pengamatan lapang yang dilakukan pada tanggal 16 Pebruari 2017, sampah yang terdapat di hutan mangrove cukup mengkhawatirkan. Sampah yang datang dari laut (marine debris) dan tersangkut pada akar mangrove dapat terus menumpuk sehingga dapat mengganggu kelestarian ekosistem mangrove.

Hutan mangrove Taman Nasional Bali Barat memiliki karakteristik yang unik dimana kawasan ini memperlihatkan perubahan pesisir dari geomorfologi hutan mangrove. Karang yang terlihat di sekitar hutan mangrove menandakan bahwa mangrove telah berekspansi ke tepi laut yang sebelumnya adalah wilayah  terumbu karang. Di lokasi lainnya, faktor antropogenik dan alam telah memberikan dampak negatif sehingga hutan mangrove telah mengalami degradasi. Hal ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi hutan mangrove, selain untuk menikmati keanekaragaman species mangrove juga dapat mempelajari dinamika pesisir.

Tidak hanya di Taman Nasional Bali Barat, marine debris telah menjadi perhatian taman nasional lainnya. Dengan situasi terkini di Taman Nasional Bali Barat, dianjurkan :

  1. Mengadakan mangrove atau beach clean up secara rutin terutama pada musim ketika arus mengarah kuat ke wilayah Taman Nasional Bali Barat.
  2. Berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pengendalian marine debris.
  3. Melakukan monitoring kondisi kualitas ekosistem mangrove di Taman Nasional Bali Barat. BPOL telah menginisiasi kegiatan monitoring dengan melakukan pemantauan pertumbuhan mangrove dan sedimen di hutan mangrove dengan memasang dendrometer band di beberapa pohon mangrove, melakukan pengukuran sedimentasi dengan pendekatan analisa isotop dan menganalisa kandungan sampah plastik (microplastik) dalam sedimen di hutan mangrove.

Penampakan sampah di mangrove sekitar Pulau Menjangan

Penulis : Frida Sidik

Agenda Kegiatan

Jul
23

23.07.2019 - 31.01.2020

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Sep
23

23.09.2019 - 31.10.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

GOL KPK

LAPOR