Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

CoT’S (Crown of Thorns Starfish) atau dalam bahasa Indonesia disebut bintang laut berduri (latin: Acanthaster planci)  adalah salah satu hewan laut ekinodermata predator pemakan polip karang.Jika dalam jumlah populasinya melebihi dari ambang batas normal dari suatu kawasan terumbu karang maka akan mengancam populasi terumbu karang.

Seperti yang terjadi di pulau Menjangan, yang termasuk dalam Kawasan pengelolaan Balai Taman Nasional Bali Barat. Pada survey habitat mapping yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Februari di pulau tersebut ditemukan populasi > 1 individu per 10 meter persegi dengan densitas/tingkat kepadatan yang tinggi khususnya pada daerah rataan terumbu belakang (reef flat) dan rataan terumbu depan (fore reef) di bagian utara pulau Menjangan. Sementara untuk kondisi idealnya adalah 0 – 0.012 individu per meter persegi, kemungkinan besar yang memicu boomingnya ialah penangkapan lebih atau berkurangnya populasi pemangsa CoT’S tersebut yang salah satunya yakni kerang terompet (triton shell).

Dengan adanya situasi seperti ini sangat perlu penanganan lebih lanjut oleh pemerintah terkait dan stake holder untuk meminimalisir hal ini, diantaranya adalah :

  1. Dengan mengangkat bintang laut berduri dengan menggunakan sebilah bambu yang dipotong kemudian dipatahkan di bagian tengah menjadi 2 bagian yang berfungsi sebagai penjepit dan dikubur di tempat yang telah disiapkan.
  2. Dengan menyuntikkan Lime Juice dan/atau Vinegar 10-20 ml  dengan menggunakan siring (jarum suntik) langsung ke bagian tubuh bintang laut berduri sebagai salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi masalah CoT’S  dan relatif lebih murah dan alami (Moutardier et al, 2015).

Salah satu lokasi di rataan terumbu depan (fore reef) di bagian utara Pulau Menjangan yang terkena dampak invasi dari bintang laut berduri (foto courtesy: S. Andrefouet)

Rataan terumbu yang terkena dampak selain invasi bintang laut berduri, terdapat sampah (makro plastik) yang dibawa arus ke hampir seluruh bagian di wilayah Pulau Menjangan dan sekitarnya (foto courtesy: S. Andrefouet)

 

Penulis : Eghbert Elvan Ampou

Agenda Kegiatan

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM