Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Tuna

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Cakalang

Peta Lokasi Penangkapan Ikan Lemuru

Learning Session : Marine Spatial Planning for Marine and Fisheries Policy dan Hasil Survey di Selat Bali

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan terutama bagi para peneliti, BPOL menyelenggarakan learning session yang diadakan setiap hari Rabu. Learning session pertama diselenggarakan pada Rabu, 8 Maret 2017 dengan dua tema bahasan yaitu sharing hasil Pelatihan Marine Spatial Planning for Marine and Fisheries Policy di Belanda dan hasil awal informasi spasial kajian dinamika daerah potensi ikan dan perubahan lingkungan.

Sharing hasil pelatihan di Belanda disampaikan oleh peneliti BPOL, Eko Susilo, S.Pi. Dalam presentasinya disampaikan bagaimana pemanfaatan geo-informasi untuk penilaian dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi atas kebijakan pengelolaan sumber daya laut. Pelatihan tersebut sangat relevan dengan perencanaan tata ruang laut yang sedang dilakukan oleh KKP. Namun untuk dapat melakukannya, tentu dibutuhkan database (berbasis data spatial dan temporal) yang akurat dan reliable. Peran data spasial yang berkualitas sangat vital dalam penyusunan rencana tata ruang laut yang berkualitas dan transparan. BPOL dalam hal ini memiliki peran strategis dalam penyedia data dan informasi spasial kelautan, baik melalui pengukuran lapangan, penginderaan jauh maupun pemodelan laut.

Sedangkan hasil awal informasi spasial kajian dinamika daerah potensi ikan dan perubahan lingkungan disampaikan oleh masing – masing PJPK penelitian yaitu Dr. Denny Wijaya Kusuma, Dr. Dessy Berlianty, dan Dr. Elvan Ampou. Masing – masing mempresentasikan hasil survey yang telah dilakukan masing – masing tim pada bulan Februari lalu. Tim remote sensing telah berhasil melakukan pengambilan data pada 40 titik menggunakan biosonic, Water Quality Checker (WQC) dan plankton net. Hasil sementara menunjukkan adanya beberapa objek yang diduga gerombolan ikan pada jalur – jalur menuju titik pengambilan sampel. Sementara tim dinamika pesisir berhasil melakukan coring sedimen pada substrat mangrove di pulau Menjangan, Teluk Gilimanuk dan Teluk Terima, pengambilan sampel kualitas air, deploy ADCP, deploy HOBO serta monitoring Bioreeftek serta sampling karang keras (Scleractinian) untuk analisa mikro plastik. Dari rangkaian survey tersebut nantinya diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi karakteristik oseanografi di selat Bali.

Agenda Kegiatan

Jul
15

15.07.2019 - 31.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 30.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 26.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 24.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 26.07.2019

Jun
17

17.06.2019 - 26.07.2019

Penghargaan Pegawai

Twitter @kkpgoid

Frequently Asked Questions

Layanan Publik BPOL

Kegiatan Penelitian BPOL

Publikasi BPOL

Perpustakaan Online BPOL

Stop Korupsi

Whistleblowing System

INDESO Project

SEACORM